Contoh Proposal Festival Kopi
I.
Latar Belakang
Kopi merupakan minuman yang dikenal
mengandung kafein dan memiliki cita rasa yang tinggi. Banyaknya jenis minuman
kopi membuat penggemarnya memiliki banyak pilihan untuk dinikmati. Penikmat
kopi semakin marak saat ini tidak hanya di kalangan kaum dewasa namu juga kaum
rema terlebih kaum milenial. Hal itu ditandai dengan dengan semakin banyaknya
kedaikopi atau yang biasa disebut coffee
shop dan pengunjungnya banyak dari kalangan remaja maupun dewasa. Cita rasa
kopi yang sangat bervariasi dan unik memberikan banyak kesempatan bagi
pembisnis dan maupun penikmat kopi. Mulai dari membuat resep atau resep khas
nya masing-masing atau membuat tempat untuk menikmati kkopi menjadi senyaman
mungkin, bahkan terlihat asngat menarik atau biasa disebut aesthetic. Maka bukan hal yang aneh jika kopi di zaman ini menjadi
banyak peminatnya dari berbagai kalangan usia. Adanya kedai-kedai kopi yang berbeda - beda dan tersebar di banyak kota
bear telah menghadirkan nuansa tersendri. Menyatukan ide-ide kreatif dan unik
dalam bidang minuman kopi menjadi sisi yang dapat diunggulkan. Karena dapat
menarik lebih banyak penikmat kopi bagi kedai-kedai kopi yang bahkan
pengunjungnya berasal dari luar daerah tempat kopi tersebut. Melihat dari maraknya penikmat kopi dari
berbagai kalangan tersebut,terutama pada usia dewasa awal mencetuskan ide
mengenaik peluang unutk menyelenggarakan bazar kopi yang terdiri dari beberapa
kedai kopi terkenal dari Jakarta, Depok, dan Bogor. Tujuan
dari acara ini adalah mengenalkan kopi dengan cita rasa yang bervariasi
dan unik yang sangat cocok dengan kaum milenial, seklaigus mengulik
tentang sisi entrepreuner di bidang kopi.
II.
Nama Acara
Coffee Festival
III.
Tema Acara
Campus Coffee Festival
IV.
Maksud Dan Tujuan Acara
Tujuan dari acara ini adalah mengenalkan kopi dengan cita rasa yang bervariasi dan unik yang sangat cocok dengan kaum milenial, seklaigus mengulik tentang sisi entrepreuner di bidang kopi.
V.
Waktu Dan Tempat
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
Hari, tanggal :
Sabtu, 20 Juli 2019
Pukul :17.00
– 22.00 WIB
Tempat :
Lapangan Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila,
Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.
VI.
Bentuk Acara
Bazaar
VII.
Susunan Panitia
(Lampiran I)
VIII.
Susunan Acara
(Lampiran II)
IX.
Estimasi Biaya
(Lampiran III)
X.
Kriteria Sponsorship
(Lampiran IV)
XI.
Penutup
Demikianlah proposal ini
kami buat sebagai bahan pertimbangan dan pedoman pelaksanaan seluruh acara di
dalamnya. Kami menyadari bahwa upaya yang dilakukan untuk pelaksanaan bazaar
ini diperlukan kerja keras dan membutuhkan dana yang cukup besar. Untuk itu
diperlukan perhatian dan partisipasi aktif secara bersama-sama dari seluruh
panitia maupun sponsor.
Kami selaku panitia
penyelenggara sangat mengharapkan baik secara moril maupun materil. Atas
perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Jakarta,20 Mei
2019
Sekretaris
|
|
Ketua Panitia
|
|
|
|
(Afifah Mardhiyah)
6017210003
|
|
(Emilia Cindy)
6017210031
|
|
|
|
Panitia
Lampiran I
SUSUNAN PANITIA
COFFEE FESTIVAL
Pelindung : Rektor Universitas Pancasila
Prof. Dr. Wahono Sumaryono,
Apt.
Penasehat :
Wakil Rektor III Universitas Pancasila
Drs. Agus Purwanggana, M.Si.,Apt.
Penanggung Jawab : Ketua Sema
Fakultas Psikologi
Ketua Bidang II Sema Fakultas Psikologi
Ketua Panitia
Sekretaris : Afifah
Mardhiyah
Bendahara :
Azka Nurzahra
Sie. Humas :- Fitria Haliza
- Audhya Rhedaiva
- Aditya Pahlevi
Sie. Acara : - Estu Prayogi
- Diva Aulia
- Farhan Aditya
Sie. Perlengkapan : - Brigitha Pramudhita
- Gilang Yudha
- Hanna Alfiany
- Hana Nur
Sie. Dokumentasi : - Haidar Yahya
- Chelva Dayu
- Alyana Septi
Lampiran II
SUSUNAN ACARA
Sabtu, 20 Juli 2019
WAKTU
|
ACARA
|
17.00 – 17.15 WIB
|
Sambutan pembuka oleh dekan psikologi dan ketua panitia acara
|
17.15 – 17.30 WIB
|
Open Gate
|
17.30 – 18.00 WIB
|
Open Gate
|
18.30 – 19.30 WIB
|
Interactive Talkshow
|
19.30 – 21.00 WIB
|
Music Performance
|
21.00 – 22.00 WIB
|
Close gate dan penutupan
|
Lampiran III
ESTIMASI BIAYA
1
|
Kesekretariatan
|
||
|
Uraian
|
Harga
|
Total
|
Penggandaan Proposal
|
@Rp
30.000,-
|
Rp
1.500.000,-
|
|
ATK
|
|
Rp
300.000,-
|
|
Stiker
|
@Rp
3.000,-
|
Rp
6.000.000,-
|
|
Sertifikat
|
@Rp
5.000,-
|
Rp
1.500.000,-
|
|
Banner
|
@Rp
500.000,-
|
Rp
500.000,-
|
|
Poster
|
@Rp
100.000,-
|
Rp
100.000,-
|
|
Total
|
Rp 9.900.000 ,-
|
2
|
Perlengkapan
|
||
Uraian
|
Harga
|
Total
|
|
Baju Panitia
|
|
Rp 32.000,-
|
|
Stand
|
|
Rp 50.000,-
|
|
Sound System
|
|
Rp 10.000.000,-
|
|
Poster
|
|
Rp 84.000,-
|
|
Meja
|
|
Rp 500.000,-
|
|
Kursi
|
|
Rp 500.000,-
|
|
Dekorasi stage
|
|
Rp 500.000,-
|
|
Total
|
Rp 11.666.000,-
|
3
|
Akomodasi
|
||
Uraian
|
Harga
|
Total
|
|
Pulsa
|
|
Rp 100.000,-
|
|
Total
|
Rp 100.000,-
|
4
|
Publikasi dan Dokumentasi
|
||
Jenis Barang
|
Harga
|
Total
|
|
Foto Ukuran 4R
|
@Rp 6.000,-
|
Rp
36.000,-
|
|
Total
|
Rp 36.000,-
|
Dana yang Dibutuhkan = Rp 31.002.000,-
Lampiran IV
KRITERIA
SPONSORSHIP
Kami
menawarkan suatu bentuk kerjasama untuk memberikan failitas promosi perusahaan
anda, serta meningkatnya citra perusahaan anda kepada masyarakat umum melalui
kegiatan Coffee Festival. Adapun
kriteria nya adalah sebagai berikut:
Media Promosi
|
Kriteria Sponsorship
|
|||
Platinum
|
Gold
|
Silver
|
Bronze
|
|
Ruang Promosi
|
80%
|
60%
|
30%
|
20%
|
Spanduk (3 Buah)
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Kaos Panitia (100 buah)
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Name
Tag (100 Lbr)
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Poster(500 Lbr)
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Sertifikat (100 Lbr)
|
V
|
V
|
-
|
-
|
Stand Promosi
|
V
|
V
|
V
|
V
|
Sponsor tidak terikat
Sponsor tidak terikat
merupakan pihak yang bersedia menanggung biaya yang dibutuhkan oleh
masing-masing divisi atau pihak dosen,alumni,orangv tua, dan pihak luar yang
bersedia berpartisipasi dalam kegiatan ini, adapun ruang promosi yang diberikan
sebagai berikut :
1.
Pemasangan Logo
dan Slogan Perusahaan pada:
-
Tiga buah spanduk
-
100 lbr name tag panitia dan peserta
-
100 lbr sertifikat
panitia dan peserta
2.
Bentuk promosi
lainnya dapat dirundingkan dan disepakati antara pihak perusahaan dan pihak Public Relation Coffee Festival.
PROSEDUR
KERJASAMA
1.
Setiap pihak
sponsor yang berminat, berkewajiban menandatangani lembar kerjasama
2.
Materi iklan &
alat promosi
-
Seluruh materi
promosi didesain dan diproduksi oleh panitia
-
Pengaturan dan
penempatan materi iklan merupakan wewenang pihak panitia
-
Pihak sponsor
harus menyerhkan materi iklan selambat-;ambatnya 20 hari sebelum acara, yang
dialamatkan kepada :
Secretariat
“nama kegiatan” yaitu
Lembaga
Fakultas Psikologi universits Pancasila
Univeristas
Pancasila Jl. Raya Lenteng Agung No.56-80 Rt.1/ Rw.3, Srengseng Sawah,
Kec.Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12640
3.
Pembayaran
-
Pembayaran dapat
dilakukan kepada pihak panitia yang telah diberikan mandate
-
Pembayaran dapat
dilakukan melalui dua tahap. Pembayaran pertama minimal 50% dari dana yang
telah disepakati, sedangkan pembayaran kedua (pelunasan) harus dilakukan paling
selambat-lambatnya 10 hari sebelum acara.
4.
Ketentuan khusus
-
Sponsor tidak
memunyai kepentingan lain di luar motif bisnis dan tidak mengikat secara
ideologis
-
Jika terjadi
perubahan atau tambahan dalam kerjasama ini, akan dibicarakan lebih lanjut
sepanjang tidak adapihak yang dirugikan.
Comments
Post a Comment